Jika sekarang anda sedang berencana membangun rumah atau merenovasi rumah, cobalah menggunakan lantai vinyl. Lantai vinyl banyak direkomendasikan karena tarif pasang vinyl lebih hemat. Selain itu, tampilan pada interior juga bisa terlihat lebih mewah.

Kenali Lebih Jauh Tentang Lantai Vinyl

Lantai vinyl adalah salah satu jenis lantai yang terbuat dari PVC. Keunggulan dari lantai PVC adalah tersedia dalam berbagai macam warna. Sehingga cocok diaplikasikan pada setiap rancangan desain interior rumah atau kantor anda. Cara pasang lantai vinyl atau pasang vinyl roll juga tidak sulit. Bahkan anda bisa memasangnya sendiri di rumah.

Berbagai Kelebihan Vinyl Dibanding Jenis Lantai Lain

Selain teknik dasar pemasangan vinyl lantai yang mudah, berikut beberapa kelebihan lainnya:

1. Sangat mudah untuk mengaplikasikannya. Bahkan teknik dasar pemasangan vinyl lantai rumah sakit ini bisa didapatkan di berbagai literasi online seperti artikel Google atau video tutorial pada Youtube.

2. Perawatannya juga mudah. Tidak diperlukan perawatan khusus agar terlihat lebih baik.
Anda cukup mengepel atau menyapu seperti melakukan perawatan pada lantai biasa.

3. Lantai vinyl memiliki pelaspis lantai sintetis yang bercorak warna sama dengan material
penutup lantai pada umumnya. Sehingga tidak mudah dibedakan ketika sudah
diaplikasikan.

4. Dengan harga pasang vinyl lantai per meter yang terjangkau, lantai vinyl telah
dilengkapi dengan fitur yang memadai. Seperti fitur anti rayap, anti bakteri dan anti
selip. Sehingga aman digunakan untuk lansia dan anak-anak karena bisa menghindarkan
dari resiko terpeleset.

5. Sentuhan motif kayu pada vinyl akan memberikan kesan natural, nyaman, berkelas serta
berkarakter. Ada banyak jenis motif beserta tarif pasang vinyl lantai yang bisa anda pilih
sesuai dengan yang anda inginkan. Pemasangan lantai vinyl pada hunian akan membuat siapapun betah berlama-lama tinggal di dalamnya.

Berbagai Jenis Vinyl Motif Kayu

Ada banyak jenis corak lantai vinyl motif kayu yang bisa dipilih sesuai dengan karakter yang anda inginkan, antara lain:

1. Motif Oak Effect

Kesan alami dan atmosfer hangat pada motif oak effect ini sangat digemari oleh mereka yang ingin rumahnya terlihat rapi dan bersih. Ada banyak pilihan warna yang disediakan oleh motif ini, antara lain brown oak, golden oak, dan dark oak. Harga pasang vinyl per meter juga terjangkau. Begitupun perawatannya. Mudah dan murah. Cukup hanya dengan disapu dan dipel setiap hari saja.

2. Motif Wood-Effect

Selain harga pasang vinyl per meter yang terjangkau, motif wood effect juga
menyediakan kesan natural pada motifnya. Karena bermotif kayu hutan yang realistis seperti aslinya.

3. Motif Faux Hardwood

Jika anda memiliki kitchen set yang berwarna putih atau kayu, mengaplikasikan motif
faux hardwood seperti ini akan sangat cocok. Mengapa? Karena warna rich golden yang dibawakan akan sangat sesuai jika dikombinasikan dengan mebel rumah yang berwarna putih dan senada. Cara pasang vinyl roll dan tarif pasang vinyl motif ini juga sangat mudah. Bahkan anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

4. Motif Wicked Caspian Grey Oak Luxury

Ini adalah motif yang paling disukai pria lajang maskulin yang menginginkan lantai
rumah yang simple dan berkelas. Motif caspian grey oak luxury memberikan kesan
jantan, berkelas tanpa menghilangkan karakter kenyamanan. Harga pasang vinyl per
meter motif ini juga terjangkau dengan pilihan warna yang beragam. Seperti warna abu-abu yang sangat sesuai diaplikasikan pada dapur atau ruang keluarga.

Cara Pasang Lantai Vinyl Yang Mudah

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk pasang lantai vinyl dengan mudah. Agar tidak salah pasang, ikutilah beberapa teknik dasar pemasangan vinyl lantai berikut ini.

1. Langkah pasang lantai vinyl yang pertama adalah mengukur luas lantai yang akan
dipasang vinyl. Ukurlah lantai dengan sebaik mungkin agar bisa mendapatkan berapa
banyak keperluan vinyl yang harus dibeli. Selain itu, mengukur dengan benar akan
membantu anda menentukan besarnya jumlah biaya tarif pasang vinyl secara
keseluruhan.

2. Sebelum memulai pemasangan, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu barang-barang
yang ada di dalam ruangan. Ini akan mempermudah teknik dasar pemasangan vinyl
lantai di awal. Lalu bagaimana jika ada furnitur yang menempel permanen pada
dinding? Mudah saja. Anda tidak perlu memindahkan atau membongkarnya karena
pemasangan vinyl bisa dilakukan di sekitarnya saja.

3. Sebelum pasang lantai vinyl, anda harus memastikan permukaan yang akan dipasang vinyl rata. Karena lantai vinyl tidak akan dipasang pada permukaan yang tidak rata, bergelombang dan berlubang. Untuk menghindari permukaan yang tidak rata, anda bisa mengaplikasikan lapisan dasar seperti kayu dengan ketebalan 1/4 inchi. Dengan permukaan yang tah rata, proses pasang lantai vinyl akan menjadi lebih mudah.

4. Ada jenis lantai vinyl dengan motif seperti keramik yang berukuran 30cm x 30cm. Jika anda menyukai jenis lantai vinyl seperti ini, teknik dasar pemasangan vinyl lantai agar bentuknya tetap bisa simetris. Pemasangan vinyl dengan motif seperti ini harus
dilakukan mulai dari tengah ruangan lalu melebar ke arah luar hingga selesai. Sedangkan untuk pelapis yang berbentuk lembaran, harus disesuaikan dengan luasnya agar tampak rapi. Terlebih lagi untuk pasang vinyl roll.

5. Setelah permukaan lantai yang akan dipasang vinyl rata, anda bisa langsung
mengaplikasikan lem. Mulailah mengaplikasikan lem dengan menggunakan kuas mulai dari sudut ruangan. Tunggu beberapa saat agar tidak terjadi penguapan zat perekat yang bisa mengakibatkan gelembung pada vinyl. Gelembung ini bisa mengakibatkan vinyl yang terpasang akan terlihat kurang bagus.

6. Setelah menunggu beberapa saat, anda bisa langsung meletakkan kepingan vinyl satu per satu. Agar hasilnya lebih rapi, anda harus memperhatikan letak vinyl secara tepat. Jika harus dilakukan bongkar pasang lagi akan mengakibatkan lem bisa ikut tertarik sehingga tampak kurang rapi.

7. Agar pasang vinyl roll atau jenis lain bisa melekat erat, anda bisa gunakan rolling pin untuk menekan secara perlahan. Tekan kuat-kuat rolling pin pada vinyl yang telah diberi lem agar bisa merekat erat hingga dasar lantai. Lakukan hal ini terus menerus hingga sudah bisa dipastikan bahwa vinyl telah merekat erat dan tidak goyah lagi.

8. Setelah pekerjaan pasang vinyl roll atau jenis vinyl lainnya selesai, diamkan dulu
beberapa jam. Agar lem benar-benar kering. Anda juga bisa menyiapkan lap basah
untuk membersihkan sisa lem yang menempel pada permukaan vinyl.

9. Agar pasang lantai vinyl hasilnya terlihat sempurna, kembali lakukan cek and ricek pada seluruh permukaan lantai yang telah terpasang. Pastikan semua lantai vinyl terpasang dan merekat dengan sempurna. Nah, itu dia beberapa informasi mengenai jenis lantai vinyl dan cara pasang lantai vinyl dengan mudah.

Anda memiliki pengalaman serupa atau pernah menerapkan teknik yang lebih sederhana? Atau mungkin memiliki rekomendasi harga pasang vinyl per meter atau tarif pasang vinyl yang terjangkau? Silakan bagikan pengalaman pada kolom komentar berikut ini.